Posted by : Lonewolf Rabu, 22 Juli 2015

Pada saat para ahli matematika ingin mencari penyelesaian dari suatu permasalahan, mereka seringkali memakai huruf - huruf untuk mewakili bilangan - bilangan yang mereka cari. Cara ini disebut Aljabar, yang memungkinkan bagi berbagai permasalahan yang ada didunia ini untuk dianalisis dengan menggunakan cara - cara yang sama. Sekarang, Aljabar tidak saja hanya diperlukan dalam matematika tetapi juga dalam sains, ekonomi, keuangan, dan teknologi.

Aljabar memungkinkan bagi para ahli matematika untuk menyelidiki permasalahan - permasalahan yang dapat ditunjukan dalam bentuk matematika. Suatu bilangan yang tidak diketahui dalam suatu permasalahan diwakili oleh sebuah huruf, biasanya x. Huruf - huruf tertentu ini di sebut "variabel - variabel" (perubah) karena mereka bisa mewakili sebarang bilangan yang tidak diketahui. Variabel - variabel bisa disusun untuk membentuk "persamaan Aljabar", dan dinamakan demikian karena persamaan tersebut menggunakan Aljabar untuk menunjukan berbagai hal yang sama antara yang satu dengan yang lainnya. Sebuah contoh dari sebuah persamaan adalah y = 7x. Setelah suatu permasalahan ditulis dalam bentuk aljabar, maka variabel - variabel bisa diganti dengan bilangan - bilangan lainnya dengan cara yang sama. Bilangan yang dapat disubstitusikan untuk x dan y agar kedua sisi menjadi sama disebut penyelesaian persamaan tersebut.
Misalnya, apabila y = 14 dan x = 2 digantikan (disubstitusikan) ke persamaan y = 7x, maka diperoleh 14 = 7 . (2) yang merupakan kalimat yang benar, sehingga y = 14 dan x = 2 merupakan penyelesaian dari persamaan y = 7x.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Followers

Blogger templates

- Copyright © Math and Human Civilization -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -