Posted by : Lonewolf Rabu, 22 Juli 2015

Meskipun bangsa Arab menutup sekolah Yunani Kuno terakhir ketika mereka menguasai Alexandria pada tahun 641 M, bangsa Arab mempertahankan dan mengembangkan ide - ide matematika Yunani untuk berabad - abad. Mereka membawa ide - ide Yunani tersebut ke Eropa Barat setelah menduduki Spanyol pada tahun 747 M.




Bangsa Arab pertama kali mempertemukan ide - ide tersebut ketika mereka bertemu dengan dokter - dokter Yunani yang bekerja di kota - kota Arab. mereka juga menjadi terbiasa dengan pekerjaan sarjana - sarjana Hindu di India. Dua orang sarjana yang terkenal adalah Brahmagupta (598 - 660 M) dan Arya-Bhata (475 - 550 M). Diantara penemu - penemu lainnya, Brahmagupta, seorang astronom, menemukan banyak ciri - ciri untuk luas dan volume benda padat. Arya-Bhata menciptakan tabel sinus (ratio-ratio istimewa) dan mengembangkan sebuah bentuk Aljabar sinkopasi seperti sistem yang dibuat oleh Diophantus.


Setelah sarjana - sarjana Arab memahami ide - ide bangsa Yunani dan Hindu, mereka mulai mengembangkan cara - cara mereka sendiri. Sumbangan yang sangat berarti untuk Aljabar dibuat oleh Muhammad al - Khwatizmi (780 - 850 M). sekitar tahun 830 M, ia menulis tiga buku mengenai matematika. Bukunya yang paling penting berjudul Hisab al - Jabr wa'l muqabalah (perhitungan dengan restorasi dan reduksi). "Restorasi" maksudnya menyederhanakan sebuah rumus dengan menggunakan operasi yang sama di kedua sisinya. "Reduksi" berarti mengkombinasikan bagian - bagian yang berbeda dari sebuah rumus untuk kemudian menyederhanakannya. Keduanya merupakan cara - cara yang pokok dalam Aljabar sekarang ini. Kenyataanya, pemikiran - pemikiran al - Khwarizmi telah menjadi hal yang berpengaruh dimana kata "Aljabar" (al-jabr) diambil dari judul bukunya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Followers

Blogger templates

- Copyright © Math and Human Civilization -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -